7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat kesehatan yang ditemukan pada kulit buah manggis. Manggis (Garcinia mangostana) adalah pinus tropis asli indonesia. Kulit buahnya berwarna ungu gelap atau merah tua, dengan bentuk isi buah seperti bubur putih yang rasanya manis dan menyegarkan. Buah ini dikenal sebagai favorit Ratu Victoria di Inggris. Buah ini dinominasikan untuk antioksidan tertinggi di dunia.

Biasanya, orang hanya makan isinya saja dan membuang kulitnya. Namun, studi terbaru menemukan bahwa kulit manggis juga bermanfaat, dan kulitnya mengandung lebih banyak antioksidan daripada isinya. Kulit yang berguna adalah sisi dalam, terletak di dekat isinya. Karena itu, artikel ini akan menjelaskan semua manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari kulit manggis.






 1. Mencegah Kanker
Kulit manggis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terkena kanker atau mereka yang sudah terkena kanker. Antioksidan tinggi pada kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Apalagi, xanthone, antioksidan yang terkandung di kulit manggis, bisa mencegah proliferasi sel kanker. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Tapi, kita harus ingat bahwa kulit manggis tidak bisa membunuh sel kanker secara total. Pasien kanker masih memiliki kemoterapi dan radioterapi, dan kulit manggis digunakan sebagai suplemen makanan.

2. Memperbaiki Sistem Kekebalan
Kulit buah manggis ini mengandung vitamin C yang akan menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengaktifkan sistem kekebalan tubuh setiap kali tubuh kita bertemu dengan agen infeksius yang merupakan jenis bakteri atau virus, jadi kita tidak akan mudah sakit. Kulit manggis juga baik dikonsumsi oleh orang sakit. Salah satu manfaat kesehatan kulit buah manggis mempercepat proses penyembuhan.

Kulit manggis juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat efektif melawan Staphylococcus aureus. Hal ini membuat kulit manggis baik dikonsumsi oleh orang dengan imunitas rendah, seperti tuberkulosis dan HIV

3. Mengontrol Gula Darah
Kulit manggis memiliki kalori sangat sedikit. Hal ini membuat kulit manggis sangat aman bagi penderita diabetes. Kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah pada tingkat normal, dengan mengikat kelebihan gula di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah. Tapi kita harus ingat bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik dari pengendalian diabetes, kita harus menjaga kesehatan hidup, seperti mengonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti berolahraga.

4. Mencegah Sembelit
Serat pada kulit manggis membantu mencegah sembelit. Serat memberi lebih banyak massa ke tinja, dan juga menyerap air dari luar usus besar, membuat tinja lebih lembut dan mudah mengeluarkannya. Ini akan membuat bab secara teratur.

5.Mengontrol Tingkat Kolesterol
Serat pada kulit manggis memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Serat terikat dengan LDL dan trigliserida di usus, mencegahnya diserap ke dalam. Antioksidan yang terkandung di dalam kulit buah manggis berikatan dengan LDL dan trigliserida dalam darah dan accelates untuk diolah menjadi asam empedu, yang akan dikeluarkan dari tubuh. Seperti yang telah kita lihat, akumulasi LDL dan trigliserida dalam tubuh dapat menyebabkan aterosklerosis, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

6.Menjaga Jantung Sehat
Dengan kemampuan mengendalikan kadar kolesterol, manggis memiliki manfaat kesehatan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan kadar kolesterol yang seimbang, kita bisa mencegah pembentukan plak pada dinding bagian dalam pembuluh darah, sehingga mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis diketahui menyebabkan banyak penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, stroke, dan serangan jantung.
Selain itu, kulit manggis ini juga memiliki manfaat perlindungan yang bisa mencegah beberapa penyakit jantung, seperti penyakit jantung rematik dan kematian mendadak sel otot jantung.

7. Mencegah Stroke
Kulit manggis memiliki manfaat kesehatan mencegah stroke karena bisa mencegah aterosklerosis. Antioksidan yang terkandung di dalam kulit manggis dapat mempertahankan elastisitas pembuluh darah, mencegahnya dari aterosklerosis dini yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit terkait trombosis lainnya.

0 Response to "7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan"

Posting Komentar