Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kopi - Kopi adalah minuman yang dicintai oleh orang-orang di dunia sejak berabad-abad yang lalu. Sampai sekarang, kopi merupakan salah satu komoditas minuman yang paling dikenal di berbagai lapisan masyarakat. Menurut statistik dari International Coffee Organization pada tahun 2000-2010, konsumsi kopi dunia terus meningkat 3-4% per tahun. Di Indonesia, konsumsi kopi telah meningkat pesat sebesar 98% dalam 10 tahun terakhir. Dua jenis kopi paling sering dikonsumsi antara lain Arabika dan Robusta.



Kopi aman di minum oleh anak-anak. Meski kebanyakan peminum kopi masih didominasi oleh usia 25-39 tahun. Namun, pengaruh gaya hidup dan kafe atau restoran merajalela yang mengolah kopi menjadi berbagai minuman menarik membuat persentase remaja dan dewasa muda seiring konsumen kopi semakin meningkat.

Sebagai minuman yang bersifat Psikostimulan, kopi akan membuat orang tetap terjaga, mengurangi kelelahan, dan membuat perasaan lebih bahagia. Karena itu, tidak mengherankan bila hampir seluruh penduduk negara membuat kopi sebagai minuman favorit, terutama untuk pria.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Tubuh Kita

Kopi menarik untuk dipelajari, Kebanyakan orang berasumsi bahwa konsumsi kopi hanyalah hobi, sementara yang lain tidak mengonsumsi kopi karena takut dengan efeknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan seperti peningkatan tekanan darah, gangguan tidur, penurunan kesuburan, penyebab cacat lahir, keguguran, serta migrain. Namun, konsumsi kopi tidak selalu menimbulkan efek buruk. Konsumsi kopi juga memiliki efek yang baik seperti menurunkan kadar asam urat darah, mencegah sirosis hati dan menurunkan kadar gula darah.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker kandung kemih, kanker kolorektal, kanker endometrium, kanker faring, kanker hati, dan kanker prostat. Selain itu, kopi dapat mengurangi risiko beberapa penyakit seperti penyakit Parkinson, Gout Arthritis dan diabetes tipe 2. Pelayan memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya:

1. Kurangi Resiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum diderita wanita, meski tidak dipaksakan pria juga bisa terkena. Mengkonsumsi kopi setiap hari bisa melindungi wanita dari ER-negatif. Kanker payudara negatif ER agresif. Wanita yang minum lima cangkir kopi setiap hari berisiko terkena kanker payudara negatif-negatif adalah 33-57% lebih rendah dibanding mereka yang minum kurang dari satu cangkir kopi sehari.

Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa menopause, wanita yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 38 persen. Itu karena kopi memiliki kemampuan untuk melepaskan fitoestrogen dan flavonoid. Fitoestrogen dan flavonoid adalah zat yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Jangan menambahkan kopi dengan banyak krim dan gula akan bermanfaat, seperti mencegah sel kanker dalam tubuh berkembang lebih lanjut.

Kopi bekerja sangat baik dalam melindungi tubuh, terutama dari kanker payudara, kanker hati, prostat, endometrium dan semua penyakit yang berhubungan dengan insulin, estrogen, dan obesitas. Telah diselidiki juga oleh Harvard School of Public Health bahwa kopi dengan atau tanpa kafein dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.

2. Mencegah Penyakit Neurologis Seperti Alzheimer

Tidak ada berita bahwa pencinta kopi penyakit Parkinson dan Alzheimer. Karena minum kopi berkafein cenderung tidak mengembangkan penyakit Alzheimer, Parkinson mengalami demensia.

Alzheimer dan demensia adalah penyakit neurologis yang paling tidak ingin dialami oleh siapapun. Penyakit ini membuat saat-saat yang pernah hilang dari ingatan. Tanpa jejak. Karena itu, Anda berusia 65 tahun atau 65 tahun ke atas harus bersiap-siap menghadapi penyakit ini.

Antioksidan dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang terkait dengan Parkinson. Sementara kafein akan menghambat peradangan di otak, yang sering dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. Dengan minum kopi, risiko penyakit ini akan berkurang secara signifikan.

Bahkan tes tikus diberi protein amiloid, dan diberikan proteinen sejumlah besar protein amiloid ternyata turun sebanyak 50 persen. Protein Amyloid adalah protein yang memiliki peran penting dalam terjadinya penyakit Alzheimer.

Orang berusia 40 sampai 50 tahun yang minum tiga sampai lima cangkir kopi berkafein per hari memiliki risiko 65 sampai 70 persen terhadap risiko demensia dan penyakit Alzheimer pada usia 70 tahun.

3. Kurangi Resiko Stroke

Minum dua cangkir kopi setiap hari, secara signifikan mengurangi risiko stroke. Dengan mengkonsumsi dua cangkir kopi setiap hari akan mengurangi risikonya sebanyak 14 persen lebih sedikit dibanding penyumbatan pembuluh darah di otak dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Sementara itu, mereka yang minum kopi hingga 4 cangkir per hari, mampu mengurangi risiko bahaya stroke hingga 17 persen. Namun perlu diingat, konsumsi kopi yang lebih dari yang dibutuhkan tidak akan memperbaiki perlindungan tubuh terhadap bahaya stroke. Mereka kecanduan kopi, bisa minum hingga enam cangkir kopi per hari. Minum kopi dalam sehari, ternyata tidak lebih baik dari yang hanya mengkonsumsi 4 cangkir kopi per hari untuk mencegah stroke.

Orang yang minum kopi dalam sehari sebanyak 6 gelas atau lebih hanya mampu mengurangi resiko terkena stroke 7 persen. Mereka tidak lebih dari siapa yang kecanduan kopi. Mengapa kopi mampu mencegah stroke? Ini karena kandungan antioksidan yang ditemukan pada kopi melindungi pembuluh darah di otak akibat kerusakan yang disebabkan oleh lipoprotein (kolesterol jahat), yang menyebabkan stroke.

4. Bagus Untuk Perawatan Kecantikan

Selain konsumsi 2-5 cangkir kopi dapat membantu mengurangi risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dalam kopi juga bisa merangsang kulit untuk membunuh sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

Kopi ini juga berguna untuk memerangi selulit. Selulit adalah gumpalan lemak yang menonjol dari jaringan ikat yang harus diselimuti. Biasanya, lemak berada di bawah jaringan ikat, namun untuk sementara, jaringan menjadi agak longgar dan menyembul gemuk. Akibatnya, ada yang kurang melihat indah menghiasi tubuh.

Meski minum kopi sudah banyak manfaatnya lebih baik jika dikonsumsi tidak berlebihan. Karena jika minum kopi berlebihan juga akan mengakibatkan dampak negatif. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar