7 Manfaat Asam Amino Metionin

Manfaat asam amino metionin Apa itu metionin asam amino? Asam Amino Methionine adalah asam amino proteinogenik yang dikategorikan sebagai asam amino esensial, meski tubuh tidak dapat mensintesis asam amino ini sendiri. Tingkat serum darah standar asam amino ini harus dicapai melalui nutrisi dan diet.

Asam amino ini memiliki beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk membangun berbagai molekul protein dalam tubuh dan sintesis asam amino lainnya, seperti l-sistein.

Kasus defisiensi metionin jarang terjadi, namun jika terjadi maka dapat menyebabkan kerusakan hati, edema, kehilangan otot, dan kelesuan. Kurangnya nutrisi metionin dapat dicegah melalui peningkatan asupan makanan kaya asam amino. Suplemen juga bisa diambil untuk membantu meningkatkan kadar dalam tubuh.






Manfaat kesehatan dari asam amino metionin

1. Metionin membuat tulang sehat
Menurut penelitian, metionin meningkatkan volume tulang, kekuatan tulang, dan kandungan mineral. Menurut peneliti, kombinasi metionin dengan latihan ketahanan meningkatkan kekuatan tulang secara keseluruhan.

2. Meredakan tremor pada pasien Parkinson
Periset melakukan penelitian untuk mengetahui efek metionin pada pasien yang didiagnosis dengan Parkinson. Asam amino diberikan kepada pasien ini untuk jangka waktu antara dua minggu dan enam bulan.
Pasien menunjukkan perbaikan dengan gejala yang berhubungan dengan Parkinson, seperti akinesia dan kekakuan. Penderita juga mengalami tremor lebih sedikit dari biasanya. Menurut michael j. Yayasan Fox untuk penelitian Parkinson, lebih banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui kemampuan metionin untuk mencegah penuaan yang timbul dari kerusakan oksidatif dan hilangnya dopamin.

3. Asam amino mengurangi risiko terkena kanker kolorektal
Studi kanker kolorektal di melbourne dilakukan untuk mengetahui efek metionin, bersamaan dengan vitamin b, dalam pengelolaan kanker kolorektal. Studi tersebut mengungkapkan bahwa metionin membantu mengurangi risiko kanker kolorektal. Studi tersebut juga menemukan bahwa makanan yang kaya akan metionin, folat, vitamin b, dan antioksidan dapat membantu mengurangi kemungkinan kanker kolorektal.

4. Metionin membantu menurunkan berat badan
Metionin memiliki zat kimia yang dikenal sebagai creatine. Zat ini membantu meningkatkan performa atletik, serta rasio otot terhadap otot. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana metionin membantu menurunkan berat badan.

5. Metionin memperbaiki fungsi hati
Menurut masyarakat Amerika nutrisi, mengambil metionin membantu meringankan penyakit hati alkoholik. Kelainan hati biasanya terlihat di daerah belahan bumi dimana terdapat banyak kasus kekurangan gizi. Ini juga merupakan masalah umum di kalangan individu yang rentan terhadap penyalahgunaan alkohol. Penelitian juga menunjukkan bahwa kombinasi asam amino dengan folat dan vitamin b6 dan b12 dapat membantu mengobati efek gangguan hati.

6. Metionin membantu penarikan obat individu yang sedang berlangsung
Sebuah studi yang dilakukan oleh jurnal neuroscience untuk mengetahui efek metionin pada kecanduan kokain. Saat hewan diberi asam amino, hal itu menghambat efek kokain dalam tubuh. Para peneliti menyimpulkan bahwa metionin bisa membantu membuat kokain kurang adiktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa metionin dapat digunakan untuk mengobati kecanduan kokain, namun diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.

7. Meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh
Metionin memegang peranan penting dalam berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Studi baru telah mengungkapkan bahwa memiliki tingkat asam amino dalam tubuh dapat meningkatkan kadar asam amino lainnya seperti homosistein, taurin, dan glutathione dalam tubuh. Peningkatan kadar glutathione dan taurine telah terbukti memperbaiki fungsi kekebalan tubuh dan menekan respons inflamasi.

Metionin asam amino memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti pencegahan kanker kolorektal, meningkatkan kesehatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan, di antara manfaat lainnya. Makanan yang mengandung metionin tinggi meliputi wijen, spirulina, kacang-kacangan, dan gandum. Kita juga bisa mendapatkan asam amino dari suplemen.

0 Response to "7 Manfaat Asam Amino Metionin"

Posting Komentar