7 Manfaat Air Untuk Kesehatan

Air adalah salah satu hal penting yang ada di dunia ini karena elemen air tidak bisa dipisahkan,mengingat tubuh manusia sendiri ada unsur airnya. Ya,air sendiri bisa kita gunakan untuk mencuci,memasak dan sangat bermanfaat apabila kita minum. Karena meminum air sendiri banyak sekali manfaatnya.


Bagi beberapa orang pasti belum mengetahui Manfaat Air Untuk Kesehatan,dianjurkan oleh dokter sendiri minimal mengkonsumsi air putih setiap harinya adalah 8 gelas. Agar tubuh kita tidak dehidrasi karena kekurangan cairan. Bagi anda yang belum mengetahui manfaatnya,bisa tengok dulu artikel berikut.


Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Kesehatan


Manfaat Air


1. Meredakan Kelelahan

Jika Anda sering merasa lelah, ada kemungkinan bisa terjadi karena konsumsi air sedikit yang membuat tubuh berfungsi kurang efisien. Padahal, kelelahan adalah salah satu tanda awal dehidrasi.

Bila ada sedikit air dalam tubuh, ada setetes volume darah yang menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah beroksigen keluar di aliran darah, dan organ utama lainnya juga bekerja dengan lebih efisien. Dengan demikian, minum air secukupnya bisa membantu tubuh Anda berfungsi lebih baik dan mengurangi kelelahan.

2. Meningkatkan Mood

Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan (bahkan satu atau dua persen tingkat hidrasi hidrasi lebih rendah daripada optimal) dapat mempengaruhi secara negatif suasana hati dan kemampuan berpikir Anda.

Sebuah studi kecil yang dilakukan pada 25 wanita dan dipublikasikan di Journal of Nutrition menemukan bahwa mengalami dehidrasi dapat mengurangi fungsi mood dan kognitif Anda. Warna urin Anda adalah indikator bagus tingkat hidrasi Anda. Semakin terang warnanya semakin baik tingkat hidrasi dan sebaliknya.

3. Mengobati Sakit Kepala

Jika Anda sakit kepala atau migrain, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah banyak minum air putih. Sakit kepala dan migrain seringkali disebabkan oleh dehidrasi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology, para periset menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah jam dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

4. Membantu Pencernaan

Air juga memperbaiki fungsi saluran cerna. Ini membantu dalam pencernaan dan mencegah sembelit. Air yang tidak adekuat dalam tubuh sering menyebabkan sembelit saat usus besar mengeluarkan air dari tinja untuk menjaga hidrasi, sehingga membuat mereka sulit dan sulit untuk melewatinya.

Minum air secukupnya meningkatkan metabolisme Anda dan membantu tubuh memecah makanan dengan benar. Ini membantu sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik dan mendorong buang air besar secara teratur. Air hangat, khususnya, sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Menurunkan Berat Badan

Dalam percobaan klinis, para ilmuwan menemukan bahwa meminum dua gelas air delapan ons sebelum makan dapat membantu menekan nafsu makan dan karenanya mendukung usaha penurunan berat badan Anda. Saat Anda minum air putih, perut Anda akan terisi dan mengurangi kecenderungan untuk makan lebih banyak.

Plus, ini membantu meningkatkan tingkat di mana tubuh membakar lemak, dan mendorong pemecahan dan penghapusan sel-sel lemak.

Air bebas kalori juga merupakan pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti alkohol, minuman bersoda manis dan soda yang sering berkontribusi pada penambahan berat badan.

6. Flushes Out Toxins

Air adalah detoksifikasi yang sangat baik karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda dan membuang limbah terutama melalui keringat dan air kencing.

Ini juga mempromosikan fungsi ginjal dan mengurangi batu ginjal dengan menipiskan garam dan mineral dalam urin yang menyebabkan batu ginjal.

Meskipun Anda perlu minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari, para ahli memperingatkan agar tidak terlalu banyak minum air (walaupun jarang terjadi, hal itu mungkin terjadi) karena ini dapat mengurangi kemampuan ginjal Anda untuk menyaring limbah.

Jadi, dianjurkan untuk meminum jumlah air yang dibutuhkan tubuh Anda. Karena jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh cenderung berbeda dari satu orang ke orang lain, biasanya disarankan untuk minum untuk rasa haus Anda, dan juga mencakup cairan dan makanan lain dengan kadar air tinggi dalam makanan Anda.

7. Menguatkan Otot

Air sekitar 12 kali lebih tahan daripada udara, sehingga dibutuhkan lebih banyak usaha untuk bergerak saat terendam, menurut Terry-Ann Gibson, PhD, profesor kinesiologi di Boise State University. Itu berarti latihan yang Anda lakukan di kolam renang adalah pemahat otot ekstra efektif.

Yang mudah dicoba: Berdirilah di air sampai ke leher Anda, lalu gerakkan tangan dan kaki Anda seolah-olah Anda bermain ski lintas alam selama 1 menit.


Nah,kini anda sudah mengetahui 7 Manfaat Air Untuk Kesehatan bukan? Semoga saja bisa anda jadikan referensi ya. Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini.

0 Response to "7 Manfaat Air Untuk Kesehatan"

Posting Komentar